Terungkap, Ini Penyebab Daya Konsentrasi Menurun Di Saat Bulan Puasa

JABARNEWS | BANDUNG – Saat bulan puasa ramadan, tak sedikt orang yang mengaku kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus saat bekerja atau belajar.

Umumnya, mereka akan menyalahkan rasa lapar dan haus sebagai penyebab dari susahnya untuk mendapatkan fokus atau konsentrasi tersebut. Namun menurut pakar kesehatan, asalkan kita bisa menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat di bulan puasa, maka kita tidak akan mengalami kesulitan dalam menjaga fokus dan konsentrasi. Lalu, apa penyebab dari susahnya kita berpikir dengan jernih di bulan puasa?

Ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi daya konsentrasi di bulan puasa, dan berikut di bawah ini di antaranya:

Baca Juga:  MUI Dirikan Koperasi Mitra Santri Nasional

Menurunnya Kadar Gula Dalam Darah

Pakar kesehatan menyebutkan jika menurunnya kadar gula dalam darah akan berimbas pada menurunnya kemampuan otak dalam berkonsentrasi, fokus, sekaligus berpikir dengan jernih. Biasanya, hal ini kerap dialami di awal-awal bulan puasa, khususnya di 3 hari pertama. Beruntung, tubuh kita secara luar biasa dapat langsung beradaptasi dengan kondisi tersebut, sehingga mulai mampu menyeimbangkannya di hari-hari puasa selanjutnya dan kita seharusnya tidak akan mengalami kesulitan berpikir lagi.

Penyebab dari menurunnya kadar gula dalam darah sendiri seringkali adalah kesalahan dalam memilih menu sahur, dimana kebanyakan orang memilih untuk mengkonsumsi karbohidrat layaknya nasi putih, mie, roti putih, hingga minuman yang manis-manis. Memang, tujuan mengkonsumsi makanan tersebut adalah agar kita mudah kenyang, namun sayangnya hal tersebut justru membuat kadar gula mudah turun saat berpuasa.

Baca Juga:  Kekeringan, Muntaber dan Penyakit Kulit Mulai Serang Warga

Banyak Makan Gorengan

Salah satu makanan favorit tanah air ini kerap dijadikan hidangan berbuka puasa atau dijadikan camilan dan lauk saat santap sahur. Padahal gorengan bisa membuat ikatan oksigen pada otak menurun hingga 20 persen, sehingga membuat kita sulit untuk berkonsentrasi saat berpuasa di siang hari.

Kurang Minum

Demi menjaga kinerja otak tetap baik, pakar kesehatan menyarankan agar kita mencukupi kebutuhan air minum di malam hari, sehingga kita tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di saat siang harinya.

Baca Juga:  PSSI Menunjuk Stadion Wibawa Mukti Gelar Piala Dunia 2021

Kurang Tidur

Karena kita bangun di dini hari untuk melakukan santap sahur, banyak orang yang mengaku kurang tidur sehingga mengantuk dan sulit berkonsentrasi di siang hari. Cobalah untuk menata waktu tidur lebih baik demi menjaga kesehatan dan fungsi otak kita tetap baik.

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi daya konsentrasi Anda di saat bulan puasa. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari doktersehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat