Hari ini, Terjadi Dua Kali Gempa di Danau Toba

JABARNEWS | MEDAN – Terjadi gempa sebanyak 2 kali di kedalaman menengah dibawah danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, terjadi Kamis (18/2/2021).

Hasil analisis Badan Metereolodi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Regional 1 Medan menunjukkan gempa bumi memiliki magnitudo 2,8 SR. Episenter gempa terletak pada kordinat 2.73 LU dan 96.82 BT. Tepatnya di laut pada jarak 18 KM arah Timut laut, Kabupaten Toba, Sumatera utara pada kedalaman 3 KM.

Baca Juga:  Tanggapi Penghapusan Tenaga Honorer, Bupati Ciamis; Mereka Sangat Membantu  

Kemudian disusul gempa sekira pukul 02.02 WIB memiliki magnitudo 3,3 SR, Episenter gempa terletak pada kordinat 2.71 LU dan 98.83 BT. Tepatnya di laut pada jarak 17 KM arah Timut laut, Kabupaten Toba, Sumatera utara pada kedalaman 2 KM.

Baca Juga:  Personel Kodim 0619 Purwakarta Jalani Pemeriksaan Medis, Ini Penyebabnya

Gempa dengan kedalaman 2 Km di perairan danau Toba dengan magnitude 3,3 tidak menyebabkan terjadinya meningkatnya gelombang air danau Toba sehingga tidak berpengaruh bagi warga berdomisili disekitaran danau Toba.

Baca Juga:  Peserta MTQ Di Cianjur Dipaksa Beli Stiker

Warga Parapat, S Silalahi mengatakan, gempa terjadi dikedalaman perairan danau Toba tidak berpengaruh terjadinya gelombang air danau Toba, bahkan dirasakan warga sekitaran danau Toba.

“Mungkin Cuma 3,3 dan terjadi dinihari, sehingga tidak dirasakan warga,” katanya.

Penulis: Ahmad Putra